Senin, 18 Agustus 2008

Upacara 17-an

Kemaren, bangsa kita memperingati HUT RI yang ke-63 tahun. kebetulan tahun ini tanggal 17 berkenaan dengan hari minggu. Seperti biasa, sebagai PNS di Kec. Karang Intan saya diwajibkan mengikuti upacara di lapangan yang inpekstur upacaranya Bapak Camat Karang Intan.
Ternyata dari pagi hujan turun lumayan deras, dengan menggunakan payung saya membulatkan tekad untuk turun upacara. Dengan baju korpri pinjaman saya menempuh jarak nyaris 30 km ke Karang Intan. Sampai di sana ternyata upacara juga belum mulai, padahal di undangan tertulis jam 9 pagi. Maklum, ternyata tempat itu juga dapat jatah guyuran air hujan. Akhirnya upacara baru dimulai jam 10.30.
Tahun lalu saya gak bisa ikut upacara 17-an di tempat ini karena lagi mengikuti diklat. Tahun ini, saya bertekad tidak mau kalah dengan undangan para veteran pejuang yang sudah ujur namun masih bersemangat mengikuti jalannya upacara. Ada yang beda kali ini, biasanya yang membacakan teks proklamasi adalah Pegawai kecamatan, kali ini salah satu veteran yang membacakan teks proklamasi. dengan suara tetap lantang namun agak bergetar (suara orang tua), beliau membacakan proklamasi.
Saya merasakan ada yang lain saat beliau membacakan teks proklamasi, sungguh saya merasa terharu dan menghayati penuh isi teks yang dibacakan, saya membayangkan seakan-akan berada di Jakarta 63 tahun yang silam. Saya makin menghargai kemerdekaan yang diberikan Allah melalui perjuangan pahlawan. Rasanya tidak sia-sia saya menempuh perjalanan jauh, mengorbankan hari libur dan melawan terpaan hujan untuk ikut upacara 17-an. MERDEKA!!

Tidak ada komentar: