Rabu, 13 Agustus 2008

Oh...MGMP..

Tiap kamis, saya mengikuti kegiatan MGMP IPS di SMPN 1 Martapura. Pesertanya guru-guru dari SMP dan MTs se-Kabupaten Banjar. Kebetulan saya diberi kepercayaan sebagai pengurus sekaligus fasilitator MGMP. Hari ini pertemuan yang ke 4 dari 12 kali pertemuan yang direncanakan untuk semester Ganjil TP. 2008/2009. Sesuai jadwal kegiatan, selama 12 kali pertemuan ini kami merencanakan menyusun perangkat pembelajaran untuk IPS terpadu, karena paling lambat tahun pelajaran 2009/2010 guru IPS SMP harus menggunakan pendekatan IPS terpadu dalam mengajar di kelas. Masalahnya adalah, perangkat pembelajarannya sama sekali belum ada. Karena itu kegiatan MGMP di fokuskan pada membuat perangkat pembelajaran IPS terpadu, jadi mau tidak mau peserta harus bekerja menyusunnya.
Terus terang dari awal, saya pesimis akan berhasil. Masalahnya, diantara para peserta hanya sedikit yang punya komitmen sungguh-sungguh untuk bekerja, kebanyakan hanya ingin hasil jadi saja seperti yang lalu-lalu dan lebih senang hanya jadi pendengar yang baik ketimbang mengambil peran dalam menciptakan suatu hasil kerja untuk kepentingan bersama.
Seperti hari ini, kegiatan mendiskusikan hasil kelompok tidak berjalan lancar, karena pesertanya seperti enggan menggunakan otaknya untuk berpikir memperbaiki hasil kerja kelompok lain. juga dalam kegiatan kerja, meskipun sudah dibagi dalam kelompok dengan tugas masing masing, namun masih banyak yang tidak bekerja di kelompoknya, malah satu persatu permisi pulang duluan bahkan ada yang mendadak hilang tanpa permisi. sungguh menyedihkan. padahal di pertemuan lalu, dengan semangat semua berjanji komitmen dengan tugas masing-masing.
Apalah daya saya, sungguh tidak enak hati memberi perintah kepada guru-guru peserta MGMP yang sudah dewasa dan sudah tau komitmen tugas yang harus dijalankan untuk bekerja, apalagi sebagian besar usianya jauh di atas saya.
Akhirnya saya berpikir..., jangan-jangan saya yang telalu keras menuntut orang lain agar punya komitmen untuk kemajuan MGMP sedangkan mereka menjadikan MGMP hanya sekedar ajang silaturrahmi ?? oh..MGMP...

2 komentar:

Kusdar mengatakan...

Mba Fitri salam kenal.Saya dari MGMP IPS SMP Banyumas. Saya salut pada perjuangan anda. Oh, ya, ini alamat blog kami http://mgmpipsbanyumas.blogspot.com. Martapura buat ya, biar kami bisa liat (saling sharing) kemajuan MGMP IPS teman-teman. Thanks. Salam kompak.

Forgulisma mengatakan...

ITULAH PERJUANGAN SAUDARAKAU.
MEMANG MASIH BUTUH WAKTU DAN PROSES DALAM RANGKA IKUT MENINGKATKAN KUALITAS DAN PROFESIONALISME GURU.

SEMOGA TODAK LANTAS PUTUS ASA.
TERUS BERJUANG....