Rabu, 30 Juli 2008

Asyiknya mengajar sejarah

Saya adalah guru IPS, jadi tentu saja mengajar utamanya juga IPS. Sesuai tuntutan KTSP, maka sekarang yang namanya guru IPS harus menguasai seluruh materi IPS yang bernuansa ekonomi, sejarah, geografi, maupun sosiologi. Pada awalanya saya cukup merasa keberatan maklum latar saya ekonomi, apalagi untuk materi sejarah. Setiap mau memasuki materi IPS Sejarah, perasaan saya sudah tidak karuan, seakan ada beban. ini karena dalam benak saya, sejarah pasti berkaitan dengan menghapal dan mengajarkan sesuatu yang bersifat hapalan sungguh sangat sulit. Akhirnya saya cari formula bagaimana agar saya gak jadi beban mengajarkannya dan anak-anak juga senang sejarah. Ternyata formulanya gampang, saya sebut dengan formula MENGAPA.
Ternyata saya baru menyadari (mungkin kalau guru yang berlatar belakang sejarah sudah lama tau), setiap peristiwa dalam sejarah pasti ada yang melatar belakanginya, alias MENGAPA peristiwa itu bisa terjadi, dan dampak yang timbul juga pasti berkaitan dengan pertanyaan MENGAPA tadi.
Misalnya begini, saya mengajarkan tentang Perang Dunia I, terasa jauh lebih gampang dipahami ketika siswa saya ajak berpikir dengan pertanyaan Mengapa terjadi, mengapa negara ini terlibat, mengapa negara ini kalah, mengapa negara ini menang, mengapa setelah perang kondisi negara ini dan itu jadi begini, dan mengapa-mengapa lainnya. Dengan pertanyaan mengapa ini, maka anak tidak hanya sekedar menghapal tapi memahami kondisi dalam peristiwa sejarah yang dipelajari. sejak sekarang saya jadi semangat mengajar sejarah, ternyata mengasyikkan...

Tidak ada komentar: